Senin, 30 Maret 2009

PEMBELAJARAN TEMATIK

BERFIKIR MENYELURUH,

TEMA YANG MENARIK,

TINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

DSC00575

Anak usia dini masih berfikir secara holistic, memandang sesuatu secara menyeluruh dan utuh. Sementara pembelajaran di kelas yang mereka hadapi dipisahkan dengan berbagai mata pelajaran.

Pemerintah menentukan bahwa pembelajaran untuk kelas 1 sampai dengan 3 tingkat Sekolah Dasar menggunakan tematik. Pembelajaran tematik mendekatkan antara pola berfikir siswa pada usia di kelas tersebut yang menyeluruh dan utuh. Bagaimana cara menentukan tema yang baik dan benar, selanjutnya menyusunnya menjadi sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran, hingga bagaimana cara menilainya?

KPI akan memberikan kepada para guru pemahaman terhadap pembelajaran tematik, kemampuan untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik (RPP Tematik) dan system penilaiannya dengan langkah-langkah yang mudah dilakukan.

Dengan menekankan pada ketrampilan menentukan tema yang menarik, merumuskan indikator dari kompetensi dasar, serta terampil dalam menyajikan kegiatan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan ditambah dengan setting kelas yang disesuaikan dengan tema.

Lembaga yang telah mengikuti program ini puas karena langsung mendapatkan bukti hasil dari workshop berupa perangkat pembelajaran yang tersusun untuk 1 semester mulai dari pemetaan kompetensi dasar, jaring-jaring tema, silabus dan RPP tematik yang dilengkapi dengan format peniliannya.

1 komentar:

  1. yang bicara sama yang duduk bagai pinang dibelah dua. yang duduk pinagnya terlalu masak, yang ngomong pinangnya belum masak

    BalasHapus