Senin, 30 Maret 2009

PELATIHAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

PEMBELAJARAN BERMAKNA,

DEKAT DENGAN KEHIDUPAN NYATA TINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

DSC03455

Sekarang ini orang mulai menyadari bahwa anak akan belajar dengan baik bila lingkungan diciptakan secara alamiah. Belajar akan bermakna bila anak mengalami sendiri apa yang dipelajarinya. Dan terbukti di kelas-kelas sekolah kita yang berorientasi target penguasaan materi, belum mampu membekali siswa dalam memecahkan persoalan-persoalan dalam kehidupan sehari-hari. Siswa belum terbiasa melakukan pengamatan atau menganalisa setiap persoalan yang terjadi, padahal ini adalah kecakapan hidup (life skill) yang harus dimiliki mereka untuk kehidupannya kelak.

Konsorsium Pendidikan Islam akan memberikan kepada para guru pemahaman terhadap pembelajaran kontekstual, cara menanamkan nilai-nilai moral dalam setiap pembelajaran, cara menegakan 5 pilar pendidikan (1. Belajar untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, 2. memahami dan menghayati, 3. mampu melaksanakan secara efektif, 4. hidup bersama dan berguna bagi orang lain, 5. membangun dan menemukan jati diri), cara menerapkan pembelajaran yang kontekstual.

Banyak lembaga yang menyatakan program kami memberikan hasil yang terukur dalam peningkatan kompetensi guru setelah disupervisi, pada akhirnya dapat meningkatan kualitas pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar