Sabtu, 28 Maret 2009

PELATIHAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

 

SELANGKAH LEBIH MAJU DENGAN

PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang strategis. Pembelajarannya diberikan di berbagai satuan pendidikan pada setiap jenjang kelas. Meski begitu, masih ada kesan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia hanya berkisar pada siswa diberi tugas mencatat dan mengerjakan latihan. Akibatnya, proses pembelajarannya menjadi kurang menarik dan rutinitas sehingga membosankan bagi siswa. Hasil pembelajarannya tentu kurang optimal.

DSC01072

Guru yang belum memiliki kemampuan menyampaikan materi yang menarik, menyenangkan, membangkitkan keberanian berbicara siswa maupun minat baca dan munulis, tak terkecuali mengembangkan apresiasi – kreatif merupakan problematika pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, akankah semua itu menjadi andalan bagi lembaga untuk memberikan jaminan kualitas pendidikan? Guru adalah ujung tombak dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Bagaimanakah peran lembaga dalam mempersiapkan guru yang mampu mengatasi problematika tersebut di atas dengan perencanaan dan penerapan pembelajaran dengan baik dan benar sesuai dengan kurikulum?

KPI menawarkan solusi kepada para guru dalam bentuk pelatihan pembelajaran bahasa Indonesia sesuai dengan kurikulum yang berlaku serta pengembangan pembelajaran yang berkaitan dengan materi menyimak, berbicara, membaca, menulis,serta kemampuan untuk menyusun silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Pelatihan juga menekankan pada ketrampilan merumuskan indikator, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran yang kontekstual, merencanakan penilaian yang dapat mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran serta terampil dalam menyajikan kegiatan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

Banyak lembaga yang menyatakan program kami memberikan hasil yang terukur dalam peningkatan kompetensi guru setelah disupervis. Pada akhirnya, semua program di atas dapat meningkatan kualitas pendidikan.

DSC01207

1 komentar:

  1. Ass. seandainya saja , saya bisa mengikuti pelatihan ini, SUBHANALLOH pasti pembelajaran yang saya rencanakan pasti lebih menyenangkan. dan siswa pun akan lebih senang dengan pelajaran saya. yang paling penting siswa mendapatkan nilai terbaik, khususnya pada saat ujian nasional.
    www.
    (endah pengajar bhs ind SMK di Batam)

    BalasHapus