Rabu, 25 Maret 2009

Al Qur'an dan Mutu Sekolah ( oleh Masruri ) Bagian 2


Dengan izin Allah SWT, alhamdulillah mimpi agar setiap anak yang lulus dari SD Al Hikmah harus bisa membaca Al Qur'an dengan baik perlahan tapi pasti dapat terwujud. Dan yang lebih membahagiakan saya beserta Pak Kadir dan para pengurus Al Hikmah lainnya adalah banyak sekolah-sekolah yang mengikuti jejak Al Hikmah. Jejak untuk menjadikan Al Qur'an sebagai program prioritas sekolah mereka dan jaminan kelulusan siswanya. Pengalaman berharga ini sering saya sampaikan kepada para pengelola sekolah-sekolah Islam di tanah air. Dan menyarankan pada mereka jika ingin memperbaiki mutu sekolah mulailah dari memperbaiki mutu pengajaran Al Qur'an. Insya Allah keberkahan akan segera menyelimuti sekolah anda dan Allah SWT akan memberi kemudahan Anda untuk meningkatkan mutu program-program lainnya. Apakah ini wujud dari sabda junjungankita Nabi Muhammad SAW "khoirukum man ta'allamal Qur'an wa'allamah" Sebaik-baik kamu adalah orang yang belajar Al Qur'an dan yang mengajarkannya. Wallahu 'alam bishshawab.
Lebih jauh Nabi SAW bersabda "Sesungguhnya Al Qur'an ini hidangan dari Allah,terimalah hidangan-Nya sekuasa kalian. Sesungguhnya Al Qur'an ini tali Allah,cahaya terang dan obat yang bermanfaat. Pelindung bagi yang berpegang kepadanya, keselamatan bagi yang mengikutinya. Yang tergelincir akan ditegakkan, yang bengkok akan diluruskan. Tidak habis-habis keajaibannya,tidak hilang keindahannya karena banyak membacanya..."
Dalam konteks sekolah Islam , AlQur'an adalah misi utama yang harus di emban. Dan saya katakan pada para pengelola sekolah, para kepala sekolah dan para guru di beberapa seminar dan workshop,"Jika pengajaran Al Qur'an di sekolah anda jelek sehingga murid-murid lulus dari sekolah dengan bacaan dan kemampuan Al Qur'an yang buruk,maka untuk apa sesungguhnya sekolah didirikan..?" ( Majalah Al Falah edisi Januari 2009 )


1 komentar:

  1. pelajaran baru dan sebuah harapan baru tentang munculnya generasi qur'ani.

    BalasHapus